Academic Orientation (AO)

Pada post sebelumnya saya telah membahas tentang GO (General Orientation) dan Organizational Skill di BINUS, kali ini saya akan membahas mengenai AO. Academic Orientation (AO) adalah bagian kedua dari program FEP yang diselenggarakan oleh BINUS. Kegiatan ini berlangsungĀ selama dua minggu sebelum perkuliahan mahasiswa/wi dimulai.

Tujuan dari AO (Academic Orientation) adalah :

  • Melatih kemampuan belajar mahasiswa (writing, reading, mindmap, presentation skill)
  • Mengenal kurikulum jurusan yang dipilih
  • Mengenal materi dasar jurusan yang penting
  • Mengenal dosen pembimbing akademik
  • Mengenal beragam Support Center yang disediakan BINUS.

Pada AO saya kali ini ada 4 sesi utama yaitu:

  1. Academic Advisory
    Materi ini berisikan mengenai pengertian dosen pembimbing akademik, ruang lingkup kegiatan pembimbingan akademik, serta tata cara menghubungi dosen pembimbing akademik
  2. Support Center For Your Success
    Materi ini berisikan mengenai beragam Support Center (unit-unit pendukung) yang disediakan BINUS sebagai komitmen dan layanan untuk mahasiswa, untuk mendukung proses perkuliahan (akademik/non akademik), dan untuk membantu mempersiapkan mahasiswa BINUS menjadi lulusan yg berkualitas.
  3. Cyber Secutity (*materi yg disesuaikan jurusan masing-masing*)
    Karena jurusan saya adalah Cyber Security maka dalam sesi ini terdiri atas penjelasan kurikulum Computer Science, pengenalan algoritma, dan pengenalan information security; serta melatih kemampuan belajar mahasiswa (writing, reading, mind map, presentation skill)
  4. Kurikulum
    Pada sesi ini dijabarkan mengenai kurikulum materi yang nantinya akan kami pelajari selama menjalani perkuliahan di BINUS.

Jadwal kita selama AO tidak begitu padat karena dalam seminggu kita bisa hanya memiliki jadwal 3-4 kali saja. Setelah mengikuti AO kita diharapkan dapat mulai terbiasa dengan dunia perkuliahan yang akan kita jalani ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *