General Orientation (GO)


Hari pertama
Pada hari pertama dilaksanakan briefing oleh kakak-kakak Buddy Coordinator/BC. Disini BC berperan sebagai senior yang membantu mahasiswa-mahasiswa baru di kelas masing-masing untuk mengikuti GO dari awal sampai dengan akhir. Briefingnya sendiri bertujuan untuk menjelaskan beberapa hal dan peraturan GO yang harus ditaati oleh buddy/mahasiswa baru. Briefing dimulai dari jam 9 pagi sampai dengan jam 1 siang lalu kami kembali ke rumah/kos masing-masing untuk mempersiapkan hal-hal yang akan kami gunakan saat sesi pada hari selanjutnya.

Hari kedua
Pada hari kedua, kami mendapatkan sesi Binusian Journey dimana pada sesi ini akan dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan “Global Employability & Enterpreneur Skills” (EES) Program di Binus, Pentingnya EES Skills untuk menjamin masa depan mereka & memotivasi mahasiswa/wi agar tergerak untuk untuk mengembangkan semua potensi yang mereka miliki melalui program-program yang ada di Binus University. Pada sesi ini juga akan dijelaskan macam-macam organisasi yang ada di Binus University dan juga pentingnya berorganisasi untuk melatih softskills yang akan berguna kelak di dalam kehidupan kampus maupun diluar kampus.

Hari ketiga
Pada hari ketiga, kami mendapatkan sesi BINUS MAYA dimana pada sesi ini akan dijelaskan mengenai fungsi dari BINUS MAYA, yang mencakup media tambahan dalam proses belajar mengajar yang dapat diakses secara online (Learning Management Systems), media layanan informasi kegiatan academic dan non – academic secara mandiri (Self Service Information) dan media berkomunikasi antara mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan mahasiswa. Pada sesi ini juga akan dijelaskan secara detail bagaimana dan apa kegunaan dari masing-masing menu yang terdapat di BINUS MAYA. Dengan mengetahui dan memahami hal ini, maka setiap mahasiswa dapat menjalani perkuliahan dengan lancar.

Hari keempat
Pada hari keempat, kami mendapatkan sesi Bunga Rampai dan sesi GO015. Kegiatan Bunga Rampai merupakan ajang bagi para Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan komunitas yang ada di BINUS University untuk mempertunjukkan bakat dan kreativitas organisasi Kemahasiswaan tersebut. Bentuk kegiatan yang ditunjukkan dapat berupa dokumentasi foto/video atau ajang pertunjukkan langsung seperti: performance untuk UKM seni dan olahraga. Setiap organisasi Kemahasiswaan dibentuk ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan kemiripan kegiatan seperti : penalaran, olahraga, seni dan bela dirI. Diharapkan dari kegiatan ini, para Mahasiswa baru dapat tertarik untuk mendaftarkan diri untuk ikut serta menjadi anggota dari Organisasi Kemahasiswaan (OK) yang ada di BINUS University baik dalam bentuk UKM dan komunitas dan dapat mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Sedangkan sesi GO015 merupakan sesi yang menjelaskan tentang sukses kuliah dan mengetahui aturan tata tertib yang berlaku di Binus University yaitu untuk mengajak mahasiswa baru untuk dapat membuat tujuan bagi diri sendiri mengenai apa yang hendak dicapai selama berkuliah di Binus University, sehingga pada akhirnya mampu menjadi mahasiswa yang memiliki kesuksesan dan Hukum/Peraturan dibuat bermaksud untuk mewujudkan ketertiban, keteraturan dan keadilan di masyarakat yang terikat dengan hukum/peraturan tersebut. Masyarakat yang baik adalah yang mampu memahami kemudian menegakkan hukum/peraturan yang berlaku. Binusian adalah masyarakat dalam ruang lingkup yang lebih khusus di Binus University dan lebih umum di Jakarta/Indonesia, sudah sepatutnya setiap Binusian menjunjung tinggi peraturan yang ada di Lingkungan Binus University dan juga Jakarta/Indonesia pada umumnya.

Hari kelima
Pada hari kelima, kami mendapatkan sesi perkuliahan,ujian dan registrasi , sesi kerohanian, serta sesi Binus Way. Pada sesi perkuliahan, ujian dan registrasi, kami diajarkan agar dalam menjalani kehidupan perkuliahan terdapat mekanisme yang perlu diketahui oleh mahasiswa, mulai dari kewajiban yang harus dipenuhi, fasilitas penunjang yang disediakan, serta peraturan dan tata tertib yang menjadi pengawal setiap kegiatan perkuliahan. Dengan mengetahui dan memahami hal ini, maka setiap mahasiswa dapat menjalani perkuliahan dengan lancar. Pada sesi kerohanian, kami ditempatkan masing-masing sesuai dengan agama dan kepercayaan kami. Kegiatan ini merupakan kegiatan ibadah keagamaan yang diselenggarakan oleh Organisasi Kemahasiswaan (OK) Kerohanian yang ada di BINUS University. Perkenalan mengenai program serta kegiatan kerohanian yang dapat diikuti oleh semua Mahasiswa baru dan sebagai wadah bagi para Mahasiswa baru yang ingin bergabung dan belajar berorganisasi dan memperdalam bidang keilmuan sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Organisasi Kemahasiswaan Kerohanian yang ada di BINUS University menaungi 6 agama yang diakui oleh pemerintah yaitu: Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha, dan Kong Hu Chu. Melalui kegiatan ini ingin disampaikan pula bahwa Binus mendukung dan mengayomi seluruh agama yang ada di Indonesia tanpa terkecuali. Sesi terakhir yaitu sesi Binus Way yang dipandu oleh rektor Binus University, Bapak Harjanto Prabowo yang memperkenalkan kami dengan visi, misi, nilai serta budaya yang ada di Binus University. Pada pertemuan Binus Way ini pula, mahasiswa baru dapat mengenal sejarah berdirinya Binus, prestasi yang dicapai oleh Binus baik secara organisasi (yayasan) maupun prestasi yang dicapai oleh para mahasiswanya. Diharapkan hal ini dapat menumbuhkan kebanggaan para mahasiswa sebagai warga baru di Binus University dan memacu mereka untuk dapat memberikan prestasi terbaik selama berkuliah di BINUS University. Selain itu disampaikan pula tantangan para mahasiswa baru untuk dapat bersaing di dunia Global dan informasi mengenai masyarakat ekonomi ASEAN yang nantinya akan mereka hadapi saat lulus nanti.

Hari keenam
Pada hari keenam, kami mendapatkan 2 sesi terkakhir kami yaitu kebersamaan dan EXPO. Pada sesi kebersamaan, kami bersama-sama dengan kelas lain dengan tujuan mempererat interaksi antara mahasiswa baru dengan anggota kelas lainnya. Pada sesi ini, para Mahasiswa baru dibimbing oleh Buddy Coordinator (BC) akan mempertunjukkan kreativitas yang dimiliki dalam bentuk yel-yel kelas dan yel-yel buddy. Setiap kelas wajib untuk membuat performance kelas yang akan ditampilkan di hadapan seluruh peserta FEP lainnya. Diharapkan melalui kegiatan kebersamaan para Mahasiswa baru dapat lebih mengenal satu sama lain sebagai rekan sekelas yang nantinya akan bekerja sama di kegiatan perkuliahan. Selanjutnya sesi/kegiatan EXPO merupakan ajang bagi para Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan komunitas yang ada di Binus University untuk mempertunjukkan kegiatan/program dari masing-masing organisasi Kemahasiswaan tersebut. Bentuk kegiatan yang ditunjukkan dapat berupa dokumentasi foto/video atau ajang pertunjukkan langsung seperti: performance untuk UKM seni dan olahraga. Diharapkan dari kegiatan ini, para Mahasiswa baru dapat tertarik untuk mendaftarkan diri untuk ikut serta menjadi anggota dari Organisasi Kemahasiswaan (OK) yang ada di BINUS University baik dalam bentuk UKM, HMJ, ataupun komunitas. Setelah berakhir semua sesi, kami bersama dengan para BC mengucapkan terima kasih kepada satu sama lain dan mengabadikan momen tersebut sebagai momen terakhir kami bersama dalam acara GO ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *